Kampung Bajo Pantai Jodoh di Mawasangka

Gambar
Bajo yang kerapkali disebut Suku Laut tersebar diberbagai pulau Indonesia. Salah satunya di pulau tanah Buton Sulawesi Tenggara tepatnya di Kabupaten Mawasangka Desa Pantai Jodoh. Di sanalah Suku Laut itu berkumpul dan hidup berkesinambungan. Nama yang unik, menjadikannya daerah istimewa di Provinsi Sulawesi Tenggara dan terkenal di seluruh tingkat nasional maupun mancanegara.  Dibalik pengangkatan nama kampung tersebut mungkin ada kisah menarik dibaliknya sehingga warga setempat menjadikannya nama perkampungan mereka di tanah Buton Sulawesi Tenggara. Walau rumah-rumah mereka sebagian besar sudah berdiri di atas bibir pantai pasir putih tetap tidak mengubah cara hidup mereka sebagai suku laut atau Suku Bajo. Mereka yang sudah hidup bertahun-tahun di Kampung Pantai Jodoh, tetap kehidupannya bergantung ke laut bukan ke darat seperti hidup sebagai petani yang bercocok tanam di kebun atau sawah.

Bajo di Pulau Karumpa, Sulawesi Selatan


Indonesia mempunyai ribuan pulau dan penduduk, selain itu, juga memiliki beragam suku. Salah satu suku tersebut merupakan Suku Laut yang ada di Pulau Karumpa di Kabupaten Kepulauan Selayar Provinsi Sulawesi Selatan.

Suku Laut atau orang laut atau yang dikenal dengan Suku Bajo adalah orang yang terikat kehidupannya dengan laut secara keseluruhan. Sehingga walau sudah tinggal di darat, pasti akan kembali lagi ke laut karena kehidupan mereka adalah bergantung kepada laut.


Ada apa dengan laut? Kenapa orang Bajo atau Suku Laut betah di laut?

Laut adalah sumber kehidupannya tanpa laut mereka tidak bisa hidup. Dengan laut maka mereka dalam setiap harinya bisa berproses mulai dari memancing ikan, memyelam, atau menjaring, yang semuanya aktivisnya berputar-putar di lingkungan laut.

Berbeda dengan Suku-Suku lain yang mereka sebut sebagai orang darat yang hidup bercocok tanam sebagai petani.

Orang Bajo atau Suku Laut tidak pernah mau hidup dengan bercocok tanam, mereka selalu menambatkan kehidupan mereka dengan laut dan segala sumber dayanya yang bisa mereka manfaatkan untuk kepentingan keberlangsungan hidup mereka sebagai Suku Laut.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Suku Bajo Menambah Daya Tarik Wisatawan Mancanegara

Lepa adalah Kediaman Leluhur Orang Bajo

Pesona Indah di Kampung Bajo Mantigola