Kampung Bajo Pantai Jodoh di Mawasangka

Gambar
Bajo yang kerapkali disebut Suku Laut tersebar diberbagai pulau Indonesia. Salah satunya di pulau tanah Buton Sulawesi Tenggara tepatnya di Kabupaten Mawasangka Desa Pantai Jodoh. Di sanalah Suku Laut itu berkumpul dan hidup berkesinambungan. Nama yang unik, menjadikannya daerah istimewa di Provinsi Sulawesi Tenggara dan terkenal di seluruh tingkat nasional maupun mancanegara.  Dibalik pengangkatan nama kampung tersebut mungkin ada kisah menarik dibaliknya sehingga warga setempat menjadikannya nama perkampungan mereka di tanah Buton Sulawesi Tenggara. Walau rumah-rumah mereka sebagian besar sudah berdiri di atas bibir pantai pasir putih tetap tidak mengubah cara hidup mereka sebagai suku laut atau Suku Bajo. Mereka yang sudah hidup bertahun-tahun di Kampung Pantai Jodoh, tetap kehidupannya bergantung ke laut bukan ke darat seperti hidup sebagai petani yang bercocok tanam di kebun atau sawah.

Suku Bajo, Laut adalah Surganya


Laut menutupi sebagian besar permukaan bumi. Artinya, sebagian besar sinar matahari yang  menerangi bumi diserap oleh laut dengan kedalamannya. Semakin dalam air lautnya maka panas matahari yang menembus permukaan air semakin tidak terasa dan malah sejuk yang di rasa. 

Bukan hanya itu, air laut memiliki potensi dengan kemampuan menyerap panas dari atmosfer.

Sehingga, laut berperan penting dalam penyerapan panas matahari dan pengaturan iklim di bumi kita.

Nah, selain memberikan kontribusi yang efektif bagi pertumbuhan kerak bumi. Juga laut dimanfaatkan bagi sebagian besar untuk kemaslahatan hidup Suku Bajo. 

Salah satunya adalah laut menjadi lahan bagi rumah-rumah mereka Suku Bajo. Oleh karena itu, tidak seperti suku-suku lainya seperti suku Jawa, Buton, Bugis dan lain-lainnya yang hidup tinggal dan menetap di daratan. 

Setiap pulau dan pesisirnya akan di manfaatkan oleh masyarakat Bajo untuk membangun rumah di atas lautnya. Itulah Suku Bajo yang hidup di atas perairan dan cinta dengan air laut. Tanpa laut hidup Suku Bajo bagaikan bumi tanpa langit. 
Oleh karena itu, laut telah mereka jadikan sebagai surga bagi kehidupan mereka yang hidup di atasnya. Dan cinta di hati Suku Bajo telah mereka persembahkan untuk laut dan seisinya. Di mana laut dan isinya adalah sumber kehidupan bagi mereka Suku Bajo. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Suku Bajo Menambah Daya Tarik Wisatawan Mancanegara

Lepa adalah Kediaman Leluhur Orang Bajo

Pesona Indah di Kampung Bajo Mantigola